gudeg bubur @mbok jayus, muntilan



what to eat : bubur/nasi gudeg + brutu uritan
worth trying : usus & kepala ayam
hunting time : 06:00-08:00
find at : jl. kh. dalhar 201, muntilan
call : 029-3586284


Nasi gudeg, makanan yang tidak kenal waktu. Pagi, siang, malam selalu tersedia dengan variasi nya masing-masing. Hanya saja akhir-akhir ini gudeg yang disajikan bersama bubur sudah mulai punah. Terlebih lagi gudeg mbok jayus tergolong gudeg enak dari antara yang enak. Letaknya kira-kira 30 menit perjalanan ditempuh dari jogja. Supaya aman, telpon dan minta pesanan anda, jangan sampai kehabisan, karena hanya ada waktu 2 jam saja.

Favorit saya adalah bubur gudeg dengan brutu uritan. Brutu dan rongkong ayam yang masih lengkap dengan uritan dan telor uritan-nya dimasak ala opor gudeg dengan cara tradisional. Manis, gurih, dan texturnya sangat lembut, lumer di mulut tanpa di kunyah. Krecek pedas-nya juga sangat istimewa, lebar, empuk, dan gurih. Sebagai pelengkap, sedia juga telor ayam dan telor bebek pindang, tahu dan tempe opor.

Bagi yang tidak suka brutu uritan, sayap ayam-nya sangat recommended. Kepala, usus, ceker ayam nya juga sangat empuk, dan terasa sedikit sensasi seperti tekstur abon. Sebagai pencuci mulut, jangan lupa memesan ketan juruh (makanan tradisional jawa).

So, arrange your hunting time, pick up the phone, and eat it before you die!

No comments: